Senin, 05 September 2016

HelloWorld in C/C++ and Java (007[HelloWorld]-001)

Hello Word in C/C++ and Java


Hello, guys. Selamat datang di blog saya. Blog ini akan membahas tentang Kumpulan Komputasi Algoritma. Nah, kalian tau apa itu algoritma ? Jika tidak tau, ini saya kasih tau ya. Algoritma itu adalah suatu masalah atau kasus tertentu yang dapat diselesaikan dengan program yang jelas, logis, dan efisien. Tentunya, setiap problem tertentu harus diselesaikan dengan logis dan efisien. Logis dalam arti tidak ambigu alias jalannya program jelas sedangkan efisien dalam arti penyelesaian problemnya cepat atau lambat. Nah, sebelum membahas berbagai algoritma, terlebih dahulu saya jelaskan program Hello Word untuk permula.

HelloWord merupakan program awalan bagi kaum awam atau mahasiswa yang baru masuk informatika untuk mengenal bahasa pemrograman yang dipelajari. Dengan kata lain, program ini membuat suatu biodata perkenalan dengan bahasa pemrograman yang dipakai. Bahasa pemrograman memiliki banyak macam seperti C, C++, Java, PHP ( lebih ke arah web ), Phyton, dan lain – lain. Pada posting ini saya akan memberi contoh program HelloWord dengan bahasa C, C++, dan Java.

1.         Program HelloWord di C.
Untuk program di C, bentuk program yang paling utama dapat digambarkan di bawah ini :



Untuk program C, bentuk tampilan outputnya dalam bentuk Command Prompt alias lebih dikenal CMD. Pemrograman C umunya menggunakan software CodeBlock. Misalkan ingin menampilkan nama “Kelvin Herwanda Tandrio”. Untuk menampilkannya, maka cukup menggunakan fungsi printf (); sehingga bentuk programnya dapat dibentuk seperti di bawah ini :


Maka, jika dirun-kan akan diperoleh :


2.         Program HelloWord di C++.
Untuk program C++, bentuknya hampir sama dengan C. Bedanya adalah bentuk awalan program. Bentuk awalan program pada C++ adalah :



Untuk menampilkan, pada C menggunakan printf(); sedangkan pada C++ menggunakan count << “...”;. Maka untuk menampilkan nama “Kelvin Herwanda Tandrio” dapat dibuat program seperti ini :


Sehingga output yang diperoleh seperti di bawah ini :


3.         Program HelloWord di Java.
Untuk program Java, bentuk program awalan berbeda dengan C dan C++. Pada bahasa Java, yang paling utama adalah pembuatan kelas karena Java bersifat OOP ( Object Oriented Programming ). Oleh karena itu, pada bahasa ini harus dibuat kelas terlebih dahulu. Bahasa Java ini biasanya menggunakan software Netbeans. Bentuk program awalan pada bahasa ini dapat digambarkan seperti dibawah ini :



Misalkan nama kelasnya “HelloWord”, maka akan membentuk program seperti ini :



Catatan : Untuk penamaan kelas, ada 2 catatan yaitu :
a.     Huruf depan nama kelas harus besar.
b.    Nama kelas haru sama dengan nama folder. ( Biasanya teknik ini dilakukan kalau tidak dibuat di Netbeans tetapi di buat di Notepad atau Notepad++ )

Untuk menampilkannya, pada Java menggunakan System.out.println() dan huruf ”S” harus besar. Maka dengan bentuk program seperti di bawah ini :



Sehingga hasil outputnya seperti di bawah ini :


Gimana ? apakah sudah sedikit paham ? Intinya adalah kalau tau syntax-nya beserta jalan pemrogramannya, kalian pasti bisa membuat  suatu program dari suatu kasus tertentu. Tentunya, untuk menguasai bahasa pemrograman harus banyak mencoba. So, banyaklah mencoba.

Sampai sini dulu ya postingan saya. Semoga bermanfaat dan bisa menguasai dari ketiga bahasa pemrograman tersebut. Kalau bisa ketiga-nya bearti anda super :)


#SemangatHidup

“Banyak mencoba merupakan suatu hal yang kecil untuk mengetahui segala sesuatu yang belum ketahui dan akhirnya bisa ketemu jawabannya dengan banyak mencoba”







Tidak ada komentar:

Posting Komentar